Operasi Badai yang Kokoh (‘Ashifatul Hazm)


Banyak orang bicara ‘Ashifatul Hazm sebagai bentuk invasi Saudi terhadap kedaulatan Yaman. Mereka bicara dengan data yang sedikit dan kadang dicampur berita rumor.

Contohnya persoalan Yaman adalah masalah dalam negeri Yaman. Padahal masalah Yaman sudah menyeret begitu banyak perhatian negara-negara teluk (GCC). Persoalan Yaman sudah dibicaran jauh-jauh hari di tahun 2011. Bahkan oleh mereka yang merasa mengerti tentang demokrasi. Dan yang lebih menggelikan adalah isu tentang Israel yang membantu Saudi dalam operasi ini, rumor yang pertama kali dihembuskan oleh Teheran, Iran

Pemerintahan Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi adalah pemerintah yang sah dari hasil pemilu yang diakui dunia. Sampai akhirnya pèmerintahan Hadi dikudeta oleh milisi Houthi dengan bantuan rezim penguasa lama, diktator Ali Abdullah Saleh yang jelas-jelas memboikot pemilu yang sah.

Banyak pengamat mencoba mengalihkan masalah ini sebagai langkah Saudi untuk mengamankan jalur pendistribusian minyak di Bab El Mandeb. Sesempit itukah? 

Saudi mendapat undangan resmi dari Presiden Hadi untuk mengambil langkah militer mengeyahkan hegemoni Houthi yang menteror seluruh Yaman semenjak September 2014. Presiden Hadi sendiri pernah diserang di kediamannya. Selain itu, ancaman Houthi terhadap 2 kota suci di Makkah dan Madinah, telah membuat Saudi tak punya pilihan lain untuk melaksanakan Operasi ini dengan dukungan negara teluk lainnya

Houthi yang didukung oleh Iran -yang malu-malu anjing- juga telah memprovokasi Saudi pada tahun 2009. Mereka kini dengan pengecutnya meletakkan persenjataan anti udara di atas gedung-gedung sekolah dan Madrasah di Yaman. 

Operasi ini masih akan terus berlanjut, sampai pemerintahan Yaman yang sah kembali berdaulat.

‪#‎justsaying‬

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s