Doa setelah Tahiyat Akhir


doa dijauhkan dari dajjalBaca dan hafalkanlah.

Banyak diantara Muslim yang tidak tahu bahwa kita seharusnya membaca doa ini di akhir setiap doa tahiyat akhir – tepat sebelum kita menyelesaikan sholat.

Artinya:
“Ya Allah, lindungilah hamba dari azab kubur dan dari azab  neraka (jahanam) dan dari fitnah hidup dan mati serta dari kejahatan Dajjal”.

“Fitnah  hidup dan mati” adalah referensi ke menit terakhir sebelum seseorang meninggal. Ini adalah saat seseorang diuji dengan pengujian yang amat berat, bagi sebagian orang. Momen dimana seseorang harus mempertahankan keyakinan mereka kepada Allah yang Ahad (tidak berbilang), atau mereka mungkin akan kekal di neraka.

Kadang-kadang, dikatakan, seseorang mungkin akan melihat ayah dan ibu mereka, atau orang lain yang mereka kenal ketika mereka hidup, dan mereka akan datang kepadanya dan mengatakan bahwa Islam itu tidak benar, keyakinan yang salah. Itulah saat Syaitan datang untuk membingungkan keyakinan mereka terhadap Islam.

Jadi setiap kali saat kita membaca doa ini, kita mencari perlindungan kepada Allah, dari ujian fitnah  hidup dan mati, dan kita meminta kepada Allah untuk memberikan kita kejelasan dan keteguhan iman setiap kali kita mendeklarasikan: Laa Ilaaha Illaa Allah (Tidak ada Tuhan/Ilah/Sembahan selain Allah).

Nabi Shalallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

{ مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ }

“Barang siapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘laa ilaaha illaa Allah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud dalam Misykatul Mashobih no. 1621)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s