Sejak Kapan Hari Minggu Menjadi Hari Libur Nasional di Indonesia?


Sejak kapan Hari Minggu menjadi Hari Libur Nasional di Indonesia?

Jawabannya tentu saja sejak Belanda memerintah di Indonesia.

Kapan itu? Dimulai dengan diangkatnya Gubernul Jenderal Hindia Belanda pertama, yakni Pieter Gerardus van Overstraten, yang sebelumnya pimpinan VOC di Nusantara sejak tanggal 1 Januari 1800 -dengan asumsi: Saya tidak memasukkan tanggal mendaratnya VOC karena VOC bukan perwakilan Belanda. VOC hanya perusahaan swasta di Belanda yang memiliki hak monopoli perdagangan di Semenanjung Timur.

Karena Tanggal 1 Januari 1800 adalah hari Rabu, maka Hari Minggu yang sekaligus sebagai Hari Libur Nasional pertama kali jatuh pada tanggal 5 Januari 1800.

Mengapa Hari Minggu Dijadikan Hari Libur?
minggu
Sebenarnya bukan hanya hari Minggu yang dijadikan hari libur. Bangsa Arab menjadikan Jum’at sebagai hari libur, karena mereka menganggap Jumat adalah hari untuk ibadah. Alasan sama pula yang digunakan bangsa Yahudi dalam menganggap hari Sabtu sebagai hari libur. Namun, Minggu memang menjadi hari libur yang sifatnya lebih universal, karena diterapkan di hampir seluruh dunia.

Tradisi libur pada hari Minggu dimulai sejak zaman Romawi Kuno. Pada waktu itu, bangsa Romawi Kuno beribadah pada hari Minggu, karenanya mereka pun menjadikan hari tersebut sebagai hari libur. Seiring dengan itu, orang-orang Romawi Kuno juga selalu menandai hari-hari libur atau hari-hari penting dengan warna merah.

Pada masa kejayaannya, bangsa Romawi menguasai banyak negara di Eropa, dan kekuasaannya meliputi Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, dsb. Karena itu pula, tradisi libur pada hari Minggu pun kemudian diterapkan pada negara-negara jajahan Romawi, termasuk Belanda. Ketika Belanda menjajah Indonesia, maka tradisi libur di hari Minggu pun diperkenalkan di Indonesia. Hal yang sama terjadi ketika negara-negara lain dijajah Inggris, Jerman, atau lainnya.

Hingga hari ini, libur di hari Minggu masih diterapkan di Indonesia, juga di negara-negara lain, dengan alasan sebagai waktu istirahat setelah orang bekerja selama enam hari. Pemerintah Indonesia juga menetapkan hari Minggu sebagai hari libur nasional, dan kalender Indonesia pun mewarnai hari libur dan hari-hari penting dengan warna merah.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s