Tahu Gak Kenapa Jurusan Ekonomi itu Seksi?


Jeff Miron seorang Libertarian menjelaskan mengapa Jurusan Ekonomi di Universitas Harvard begitu populer.

Katanya, “Saya dengar jurusan Ekonomi menjadi sangat-sangat populer di sekolah tinggi-sekolah dan universitas-universitas diIndonesia. Jika benar begitu, mengapa bisa?Adabeberapa spekulasi-spekulasi reflek yang mungkin terjadi:

Ekonomi memang kelihatan lebih suram dibanding ilmu Fisika ataupun Matematika murni tapi cukup seksi untuk cemerlang dibanding sesama ilmu-ilmu sosial lainnya –seenggaknya jadi berita disuratkabar.

Ekonomi juga memudahkan Anda menjadi seorang “pengamat ekonomi”, posisi yang cukup terhormat di media akhir-akhir ini – tapi, coba dipikir-pikir lagi, Anda bahkan gak perlu ikut pelatihan ataupun sertifikasi untuk menjadi ‘pengamat ekonomi’ yang populer. Kalo Anda dari jurusan Akuntansi atau manajemen, cocok koq. Dari jurusan teknik juga bisa. Pertanian juga masih OK.

Ekonomi itu jurusan yang fleksibel: Anda bisa mengajarkan prinsip-prinsipnya di kelas dan melakukan kebalikannya baik secara politik ataupun di media, dan gak ada yang bakal nuntut Anda. Anda toh masih seorang ekonom. Katakan begini: Jika asumsi-asumsi yang Anda buat berubah. Orang-orang toh akan lupa seiring waktu.

Terus kira-kira apa lagi ya? :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s