Insinyur vs. Akuntan


Di siang hari yang cerah berdiri tiga akuntan senior dekat sebuah tiang yang tinggi, kemudian mereka mulai mereka-reka berapa kira-kira tinggi tiang tersebut. Akuntan pertama, seorang CPA mulai bicara, gw kira ga’ ada pedoman resmi tentang gimana cara ngukur tinggi tiang ini deh, lagian juga itu kan bukan kerjaannya akuntan kayak kita-kita gini. Selanjutnya Akuntan kedua, seorang Profesor di sebuah universitas negeri -gw rasa ini Profesornya program ekstension- mulai bicara juga, ah gw rasa, kalo kita bikin survey ke tempat-tempat yang kira-kira hampir sama kayak disini terus nanyain sama orang-orang, kira-kira berapa tinggi ‘ntu tiang, mungkin kita bisa ngebikin perkiraan berapa tinggi ‘ntu tiang coy, dan gw rasa  itu juga estimasi yang cukup bagus. Lalu akuntan yang ketiga -seorang profesor dari universitas terkenal- mulai menimpali. Ia dengan yakinnya berkata, kalo kita bisa ngukur bayangan tiang ini dalam berbagai kondisi, maka saya bisa membuat model regresi multivarian yang dapat memberikan kita estimasi yang bagus tentang berapa tinggi tiang ini.

Ketika percakapan itu berlangsung, seorang insinyur kebetulan lewat, ia berhenti kemudian bertanya pada ketiganya tentang apa yang sedang didiskusikan. Para akuntan itu kemudian bilang pada si insinyur, ah kamu ga’ mungkin ngerti deh soalnya ini rumit banget. Tetapi si insinyur tetap ingin tahu dan mulai mendengarkan persoalan apa yang sedang didiskusikan. Iapun tersenyum, lalu mengangkat tiang itu dari landasannya, meletakkannya di tanah, mengukurnya, dan ia berkata, “12 kaki dan 3 inchi,” dan kemudian meninggalkan ketiga akuntan itu. Para akuntan melihat ke arah si insinyur, menertawainya seraya mengejek dan dengan yakinnya berkata -“ah sial… begonya dia! Kita pengen tahu tingginya eh… dia malah ngasih tahu kita panjangnya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s