Tentang Wanita


Boleh jadi kata-kata belahan jiwa ada benarnya, karena dalam QS. Al-A’raaf dikatakan, “Dialah Yang menciptakan kamu dari ruh (diri) yang satu dan darinya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya.” Artinya wanita dan pria, suami dan istri, manusia berasal dari satu ruh. Karena itu ada kesempurnaan nikmat dari Allah dengan menciptakan istri bagi suami dari jenis mereka sendiri. Juga diciptakan diantara mereka mawaddah yaitu rasa cinta, dan rahmah yaitu rasa kasih sayang.

Tidak ada kesesuaian yang paling agung dan indah diantara dua jiwa di dunia ini, selain kesesuaian antara suami dan istri. Wanita, di dunia fana ini adalah anugerah paling indah, terutama lagi wanita yang shalihah, seperti yang disifatkan oleh Nabi SAW, yaitu istri yang membuat gembira hati suami bila memandangnya, patuh pada suaminya dalam kebaikan, tidak menentang suaminya dengan berbuat sesuatu yang tidak ia senangi pada hal-hal yang menyangkut kepentingan mereka berdua.

Wanita atau istri adalah satu tanda kebesaran Allah, karunia agung terindah yang dianugerahkan oleh-Nya bagi pria atau suami semenjak zaman Nabi Adam AS. sampai hari akhir kelak. Istri adalah teman senasib sepenanggungan, bila suami sakit, istri yang merawatnya, bila ia bersedih, istri yang menghiburnya, bila ia gembira, istripun ikut bersamanya, bila suami jengkel karena suatu hal, istripun ikut memusingkannya. Istri adalah tulang rusuk dan belahan jiwa bagi suami. Di dermaganyalah berlabuh bahtera-bahtera impian dan harapan suami. Dari kelembutan dan kasih sayangnyalah suami memperoleh kekuatan dan tenaga. Dalam pelukan dan belaiannya seluruh syaraf dan otot yang tegang jadi mengendur, maka tentramlah jiwanya. Alangkah indahnya engkau wanita, darimu Allah karuniakan banyak nikmat bagi kami, pria.

Maka bersikaplah adil dan murah hati pada wanita. Berikan cinta dan kasih sayang yang paling indah untuk mendidik dan membimbingnya, karena di tapak kaki mereka ada surga yang bisa jadi neraka, ada negara yang akan hancur tiang-tiangnya, jika kita-pria- salah dalam memperlakukan mereka sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s