Asal-usul Midnight Sales


mIDNIGHT SALEApa sih sebenernya Midnight Sale itu? Banyak artikel yang gw baca menulisnya sebagai Late Night Sale, ada yang nulis Late Night Shopping. Kalo  beberapa artikel disini  ‘meng-Indonesiakan’-nya sebagai Obral Tengah Malam (OTM) atau Diskon Tengah Malam. Tapi hampir gak ada yang menggambarkan sebenernya apa sih Midnight Sale itu? Dan kapan dimulainya?

Midnight sale adalah program atau usaha  penjualan/obral dengan discount  besar yang dilakukan oleh entitas bisnis ataupun pusat perbelanjaan yang biasanya dimulai dari jam 09.00 malam sampai dengan tepat tengah malam –kira-kira jam 12.00 malam. Midnight sale ini mirip dengan bentuk-bentuk obral semisal, super great sale namun waktunya dibatasi dan dilakukan pada malam hari. Obral Tengah Malam ini dilaksanakan pada akhir minggu atau pada hari Libur Besar, kalo disini biasanya pas Lebaran, Natalan atau Tahun Baru. Istilah Midnight Sale sendiri di Indonesia baru ‘ngetrend’ sekitar tahun 2008 sampai dengan tahun 2010, yang tampaknya lagi gede-gedean.

Midnight Sales sendiri punya ciri-ciri, seperti dimulai jam 09.00 malam, potongan harga yang sampai dengan 70 persen, harga khusus untuk produk-produk tertentu dan kelebihan lainnya adalah barang yang dijual adalah barang-barang baru, bukan seperti barang-barang di Garage sale.

Nah, bagi mereka yang gila belanja (shopaholic), Midnight sale merupakan solusi yang paling menguntungkan di jaman resesi dan dunia yang belum terlepas dari cengkeraman krisis keuangan dunia, terutama lagi buat orang Indonesia yang memang rata-rata doyan belanja dan memang cuma jadi pasar doang, baca: korban merek :p.

Ngomong-ngomong Midnight Sale/Late Night Sale/Late Night Shopping, jadi inget film Luar dengan judul “Late Night Shopping” yang dirilis tahun 2001 dan ber-genre komedi. Terus hubungannya apa? Ya, gak ada… Cuma kebetulan inget aja film itu🙂. Dalam jurnal yang berjudul “Sunday and Late-Night Shopping in a British City: Evidence from the Cardiff Consumer Panel” yang ditulis oleh Neil Wrigley, Cliff Guy and Richard Dunn yang diterbitkan pada bulan September, 1984, disebutkan dalam Survey Perjalanan Nasional Inggris Raya tahun 1975-1976, Late Night Shopping mencapai 4-6 persen dari semua perjalanan Belanja. Kalo resminya kapan ada Midnight Sale? Nah, itu juga gw belon tahu, walaupun udah gw googling di internet.

Yang jadi pertanyaan gw selanjutnya, kenapa kata Midnight Sales baru akhir-akhir ini, jadi ngetrend di Indonesia? Dan kalo baca berita Midnight Sales, yang dijual disini bukan hanya barang fesyen, elektronik ataupun barang rumah tangga tapi juga sampe ke 9 bahan pokok dan sayur mayur, Wiiih… heran, sekaligus takjub, emang kembang kol, wortel, cabe keriting ada mereknya ya?

Dalam tulisan ini gw pengen bagi informasi aja, terus terang gw gak tertarik sama yang namanya Midnight Sales. Kenapa? Karena gak semua informasi barang bagus dan murah itu terbuka seluas-luasnya atau kalo Lebaran kemaren, selebar-lebarnya. Gw punya informasi menarik buat belanja, supaya besok kalo ada obral dengan judul-judul sok fantastis, menurut gw :p, lo-lo jangan sampe ketepu lagi.

Karena gw cowok dan perlu busana, yang paling nggak… bagus tapi terjangkau kantong, maklum PNS, maka gw belanja di Kawasan Industri Pulogadung. Mau tau tempatnya? Tempatnya di PT. Bina Busana Internusa, atau lebih dikenal BBI. BBI ini, udah terkenal banget dalam bisnis garmen dan apparel di Indonesia. BBI saat ini memegang lisensi merek-merek terkenal semisal, Van Heusen, Sierra Moreno, Arnold Palmer, Geoffrey Beene, Kent, Valino, dan Harry Martin.

Di BBI, setiap hari busana yang dijual rata-rata dikorting sampai dengan 70%. Kemaren aja, bukannya mau nyombong nih tapi emang…🙂, kemeja Van Heusen harga 869.000 perak, gw tebus cuma 260.700 perak doang… Mantab gak tuh? Jadi ngapain repot-repot ke Midnight Sales? Udah malem-malem, rame-rame lagi. Hebatnya di BBI, bukanya tiap hari dari jam 09.00 sampe jam 4-an lah kira-kira. Kalo mau tau alamatnya, cari aja di Kawasan Industri Pulogadung atau bisa telepon di 021-44833077/44833078.

NB.

Sengaja gw nulisnya abis lebaran, supaya gak ada saingan pake baju bagus pas Lebaran… Wkkk… wkkk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s