Untaian Doa Untukku dan Untukmu


Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikanlan shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya

Maha Suci Dia (Allah) yang segala sesuatu tunduk pada keagunganNya

Maha Suci Dia (Allah) yang segala sesuatu hina pada kemuliaanNya

Maha Suci Dia (Allah) yang segala sesuatu tunduk pada perintah dan kekuasaanNya

Segala puji bagi Allah yang tidak melupakan yang mengingatNya

Segala puji bagi Allah yang tidak memupuskan harapan orang yang berdoa kepadaNya

Segala puji bagi Allah yang mencukupi siapa saja yang bertawakal kepadaNya

Segala puji bagi Allah yang meninggikan langit dan menghamparkan bumi

Yang membentangkan lautan dan menegakkan gunung-gunung

Yang menciptakan hewan dan pohon-pohon

Yang memancarkan mata air di bumi

Yang mengatur segala urusan dan menjalankan awan

Yang menjalankan angin, air, dan api dari kedalaman bumi dan mereka bergegas menuju udara

Yang menurunkan panas dan dingin

Yang dengan nikmatNya amal shalih menjadi sempurna

Dan dengan rasa syukur kepadaNya menambah menyebabkan bertambahnya nikmatNya

Dan dengan perintahNya langit tegak berdiri

Yang dengan keagunganNya gunung menjulang tinggi

Serangga-serangga dan burung-burung bertasbih padaNya dalam sarangnya

Segala Puji bagi Allah yang meninggikan derajat dan menurunkan tanda-tanda

Yang luas berkahNya, yang menutupi aurat

Yang menerima segala kebaikan, yang menghapus segala ketergelinciran

Yang melepaskan segala duka, yang menurunkan berkah

Yang menerima doa, yang menghidupkan yang mati

Sembahan yang ada di bumi dan di langit

Segala puji bagi Allah atas segala pujian dan dzikir

Atas segala syukur, kesabaran, shalat, zakat, qiyam, dan ibadah

Setiap kebahagiaan, berkah, kelebihan dan rahmat

Atas segala nikmat, kedermawanan, kewajiban, suka dan duka

Dan atas segala petaka, kesenangan, musibah dan bencana

Atas segala kesulitan, kemudahan kaya dan fakir

Dan atas segala keadaan

Dan pada setiap tempat dan jaman

Dan pada setiap tempat kembali dan tempat berdiri

Dan aku memohon pertolonganMu, maka tolonglah aku

Dan aku memohon bantuanMu, maka bantulah aku

Aku memohon pertolonganMu, maka tolonglah aku

Aku memanggilmu, maka jawablah aku

Aku memohon ampun kepadaMu, maka ampunilah aku

Aku mencari pertolongan dariMu, maka tolonglah aku

Aku mencari petunjukMu, maka tunjukilah aku

Aku memohon kecukupan dariMu, maka cukupilah aku

Aku bersandar kepadaMu, maka dekatkanlah aku

Aku berpegang teguh pada taliMu, maka jagalah aku

Dan aku bertawakal padaMu, maka cukupilah aku

Tempatkanlah aku dalam lindunganMu, pengawalanMu, penjagaanMu, dan pengawasanMu

Dalam lindunganMu, bentengMu, penjagaanMu, kehormatanMu, dan KeamananMu

Di bawah naunganMu dan lindunganMu

Karuniakanlah aku perisai penjagaan dariMu

Jadikanlah penjagaan, pengawalan, perlindungan, dan bentengMu di belakan dan di depanku

Pada sisi kiri dan kananku

Dia atas dan di Bawahku

Serta di sekelilingku, sehingga tidak satupun makhlukMu yang dapat mencelakaiku serta mengangguku

Dengan kebenaran tiada Tuhan selain Engkau Yang Maha Pemberi Karunia

Yang menciptakan langit dan bumi

Pemilik keagungan dan kemuliaan

Ya Allah, jagalah aku dari kedengkian para pendengki

Penindasan para penindas dan tipu daya para penipu

Tipu dayanya para penipu daya dan tipu muslihatnya para pelaku muslihat

Tipu dayanya para penipu daya (dalam pembunuhan) dan kezalimannya para penzalim

Ketidakadilan orang yang tidak adil dan penyerangan para penyerang

Kemurkaan orang yang murka dan gertakan para penggertak

Terkaman para penerkam dan paksaan para pemaksa

Rampasan para perampas dan pukulan para pemukul

Fitnah para pemfitnah dan gunjingan para penggunjing

Sihir para penyihir, penguasa, dan setan-setan

Dari kezaliman para penguasa dan kebencian seluruh alam

Ya Allah, aku memohon kepadaMudengan namaMu yang tersimpan, baik dan suci

Yang denganNya langit dan buni berdiri tegak

Dan kegelapan menjadi terang benderang

Dan bertasbih kepadaNya para malaikat dan karenanya banyak hati bergetar

Dan leher-leher tunduk bagiNya

Dan denganNya dihidupkan yang mati

Agar Engkau ampuni segala dosaku yang kuperbuat di kegelapan malam maupun di terangnya siang

Baik yang disengaja maupun tidak, baik yang tersembunyi maupun yang tampak

Dan anugerahkanlah padaku keyakinan, petunjuk, cahaya, ilmu, pemahaman hingga aku tegakkan kitabMu

Dan kuhalalkan apa yang halal dariMu dan kuharamkan yang haram dariMu

Dan aku penuhi kewajibanku serta kuikuti sunnah nabiMu, Muhammad SAW

Ya Allah, gabungkanlah aku bersama orang-orang shalih terdahulu

Dan gabungkanlah bersama orang-orang shalih kemudian

Tutuplah amalku dengan kebaikan

Sesungguhnya Engkau maha Pemaaf lagi Maha Penyayang

Ya Allah, jika umurku binasa dan hari-hari kehidupanku telah hilang

Kemudian saatnya aku berjumpa denganMu

Maka aku memohon kepadaMu, wahai Yang Maha Lembut agar Engkau karuniai aku tempat di Jannah

Yang membuat orang terdahulu dan terakhir iri

Ya Allah, terimalah pujian dan seruanku

Kasihinilah jeritan dan teriakanku

Serta pengakuanku atas diriku dan pengakuanku

Dan aku sungguh telah perdengarkan suaraku diantara para pemanggil

Dan kekhusyu’anku di tengah para penyembahMu

Dan pujianku diantara orang-orang yang memujiMu

Serta tasbihku diantara mereka yang memuji

Dan Engkau yang menjawab panggilan orang-orang yang terdesak

Dan yang menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan

Dan menolong mereka yang membutuhkan sandaran

Dan tempat berlidung para pelari (yang mencari perlindungan)

Tempat jeritan orang-orang mukmin

Dan yang menerima orang-orang yang berdosa

Sampaikanlah shalawat kepada pembawa berita gembira dan pelita yang bercahaya

Dan kepada seluruh malaikat serta para nabi

Ya Allah, penyebar segala pujian dan pencipta segala ketinggian

Dan penetap hati pada fitrahnya, baik yang celaka maupun yang bahagia

Berikanlah shalawatMu yang paling mulia

Tambahkanlah berkahMu dan penghormatanMu yang paling mulia

Kepada Nabi Muhammad, hamba dan utusanMu serta kepercayaanMu dalam wahyuMu

Penegak hujjahMu, pembela dari kehormatanMu

Pelaksana perintahMu, penegak ayat-ayatMu, pemenuh nadzarMu

Ya Allah, berikanlah ia dengan setiap keutamaan dari keutamaan-keutamaannya

Sifat dari sifat-sifatnya

Keadaan dari keadaan-keadaannya

Kedudukan dari Kedudukan-kedudukannya

Engkau telah melihat nabi Muhammad sebagai penolong

Dan bersabar atas ketidaksenangan ujianMu

Dia memusuhi siapa saja yang memusuhiMu

Dan mencintai siapa saja yang mencintaiMu

Dia menjauh dari hal-hal yang tidak Engkau sukai

Dan menyeru kepada apa-apa yang engkau sukai

Berikanlah segala keutamaan dari balasanMu, pemberian yang paling istimewa dariMu

Yang dengannya Engkau membahagiakannya

Yang dengannya Engkau tinggikan derajatnya bersama para penegak keadilanMu

Dan para pembela kehormatanMu hingga tidak tersisa pemberian

Bukan kebagusan, serta bukan rahmat maupun kemuliaan

Melainkan Engkau istimewakan Nabi Muhammad dengan itu semua

Sampaikanlah ia pada kedudukan dan derajat yang tinggi

Kabulkanlah Wahai Tuhan penguasa alam semesta

Ya Allah, aku titipkan kepadaMu agamaku, diriku, dan seluruh nikmatMu atasku

Maka tempatkanlah aku pada lindungaMu, penjagaanMu, kemuliaanMu, dan bentengMu

Mulia dan agung pujian kepadaMu dan suci nama-namaMu

Tiada Tuhan selainMu

Cukuplah bagiku Engkau dalam suka dan duka, dalam senang maupun susah, dan Engkau sebaik-baiknya penjaga

Ya Tuhan kami, hanya kepadaMu kami bertawakal, dan hanya kepadaMu kami bertobat, dan hanya kepadaMu kami kembali

Ya Tuhan kami, jangalah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir

Dan ampunilah kami, wahai Tuhan kami

Sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

Ya Tuhan kami, jauhkanlah adzab jahanam dari kami, sesungguhnya adzab itu adalah kebinasaaan yang kekal

Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap da tempat kediaman

Ya Tuhan kami, berikanlah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak, dan Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya

Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami bersama orang-orang yang berbakti

Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaran rasul-rasulMu

Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat

Sesungguhnya engkau tidak menyalahi janji

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya

Maafkalah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami

Engkaulah penolong kami terhadap kaum yang kafir

Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan Allah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya yang suci

Amiin… Kabulkan lah doa kami ya Allah

Tinggalkan Balasan

