Minced Oath dalam Bahasa Indonesia


sumpah serapahMinced Oath atau kalo bahasa sininya sumpah serapah, dikenal juga sebagai pseudo-profanity atau expletive-deletive. Orang Inggris, dengan gayanya yang kelihatan kaku, memiliki daftar panjang frase-frase eufemistik sejenis itu dalam bahasa mereka, banyak diantaranya telah menjadi bagian dari bahasa Inggris bahkan sebelum bahasa ini menjadi bahasa yang mendunia.  Munculnya Minced oath sendiri berasal dari keinginan atau lebih tepatnya bermaksud ‘memaki’ tanpa perlu ‘meng-kasar-i’ dengan menyamarkan bunyi dari kata makian. Inilah yang menjadi ‘kegemaran’ orang Inggris, yang dikenal sebagai tradisi double-entendre comedy atau bahasa kerennya ‘menyampaikan sesuatu kemarahan dengan makna yang sopan’.

Eufemisme sendiri tidak selalu berasal dari abad yang jauh. Bagi para Shakespearian frase ‘Beast with two backs‘*) mungkin adalah frase yang paling menggetarkan pada sekitaran abad ke-20.

Minced oath merupakan bagian dari sub-grup eufemisme (penyampaian makna yang dianggap lebih baik dari pada kata sebelumnya) yang biasa digunakan untuk menyamarkan sumpah serapah atau makian ketika mengekspresikan keterkejutan ataupun rasa terganggu. Sering kali kita dapati episode di film-film ketika seorang tokoh dalam film terkejut ataupun memaki namun mereka sendiri dituntut harus tetap sopan, maka munculah kata-kata seperti, What the heck, My Gosh, ataupun Shucks! Itulah beberapa contoh Minced oath.

Anehnya, meskipun banyak frase-frase eufemisme baru tercipta namun untuk frase-frase Minced oath sendiri tertinggal jauh bahkan semakin pudar. Mungkin karena sumpah serapah itu sendiri masih menjadi bagian yang tabu dalam setiap tradisi atau bahkan mungkin sebagian dari kita lebih senang bersumpah serapah dengan kata-kata yang kotor, lugas, keras ketika kita terkejut ataupun merasa terganggu. Semoga saja bukan karena yang terakhir itu.🙂

*)pasangan intim secara seksual

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s