Tentang Fisika Lagi Nih…


Sekarang gimana caranya ngeluarin telor dari dalam botol?

Kalo sebelumnya masukin telor ke dalam botol, sekarang gimana caranya ngeluarin telor di dalam botol? Dalam demonstrasi penerapan ilmu Fisika, barangkali percobaan inilah yang paling menantang, gimana ngeluarin telor itu tanpa ngerusak sama sekali, baik botol dan telurnya. Kalo cuma ngeluarin doang sih gampang gue kira, cuma karena syaratnya gak boleh rusak, ini jadi menantang. Biasanya orang yang udah jago bisa ngelakuin ini cuma perlu waktu kurang dari tiga detik aja. Gimana caranya?

Saat daya tekan ke atas terhadap telor berlebih maka daya tekanan sebaliknya yang tersisa akan keluar, sehingga mempercepat telor keluar dari dalam botol. Coba balikkin botol secara tegak lurus dengan arah mulut botol dibawah. Daya gravitasi bumi akan mempengaruhi telor, terutama berat telor itu sendiri, sama daya tekan udara di dalam botol keduanya ngasih kontribusi langsung pada daya tekan kebawah keseluruhan yang juga mempengaruhi telor. Sedangkan daya tekan keatasnya adalah daya yang langsung berhubungan dengan botol (termasuk friksi statis, gesekan) ditambah dengan daya dari udara di sekitar ruangan. Maka dari itu kalo lo mau ngeluarin itu telor dari dalam botol, lo harus bikin sedemikian rupa supaya tekanan udara di dalam botol berbeda dengan tekanan udara di luar botol, dengan catetan tekanan udara di dalam botol harus lebih besar daripad diluar. Pegang botol terus arahin mulut botol ke deket mulut lo, terus bagian pantat botol tinggiin sedemikian rupa supaya telor letaknya jauh ke depan, mengarah ke leher botol, tapi bikin supaya telor itu gak sepenuhnya nutupin leher botol. Lo tiup yang kenceng ke dalam botol, tujuannya supaya menambah tekanan udara ke dalam botol. Dari situ muncul efek Bernoulli, yaitu berkurangnya tekanan udara lewat sudut yang tepat (perpendicular) sesuai dengan arah aliran udara, yang disebabkan oleh dorongan udara yang mengalir di sekitar telor ditambah lagi dengan naiknya tekanan udara di dalam botol, akan membantu mendorong telor keluar melewati leher dan mulut botol. Ketika daya tekan keluar bebar-benar terjadi, maka telor juga akan keluar dengan sendirinya. Kadang-kadang telor akan keluar seperti lompat dari botol, kadang juga keluar pelanpelan lewat mulut botol. Semakin tegak lurus botol, maka daya gravitasi bumi akan semakin bantu lo ngelakuin ini.

Tadi kan gimana caranya ngadepin cewek atau cowok tinggi hati, yaitu make Hukum Newton kedua. Sekarang gimana kalo lo udah bosen ama yang tipe kayak gitu.

Kita pake Efek Bernoulli, intinya buat keadaan diluar sama di dalem lingkungan lo jauh bedanya dengan sasaran yang tepat, dengan catetan situasi di dalem harus lebih banyak tekanannya daripada di luar. Kalo lo ke temu sohib lo ya adem-adem aja, tambah akrab, tambah deket. Giliran kalo ketemu dia, bikin suasana jadi tertekan, panas! Bagusnya lagi kalo lo ketemu sohib lo pas bareng sama dia, akrab-akrabin deh sohib lo terus cuekin die, dijamin dah kalo lo keseringan begini, putus di tempat. Nah mau nyoba?

Ah, serius banget sih lo bacanya. Gak ngira belajar Fisika bisa begitu asyiknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s