Gula dalam Secangkir Teh


Tambahkan 2 sendok teh gula ke dalam secangkir air dan aduklah perlahan selagi hangat. Semua gula tadi akan larut ke dalam air. Berapa sendok teh gulakah yang sebenarnya dapat larut dalam secangkir air? Bagaimana proses sacara Fisika?

Seseorang biasanya dapat melarutkan 5 sendok teh gula dalam secangkir air! Mengapa begitu? Sedehana saja, molekul-molekul gula dapat berubah mengecil sehingga dapat masuk ke dalam ruang kosong diantara molekul-molekul air, jadi molekul-molekul gula itu tidak benar-benar lebih mengisiti ruangan yang ada. Bentuk air yang membentuk jaringan sedemikian rupa yang menyebabkan moleku-molekul air terikat bebas atau renggang berlubang, sehingga “lubang” pada jaringan air dapat mengakomodasi molekul-molekul lain dalam jumlah yang besar. Molekul-molekul gula membentuk ikatan hidrogen temporer dengan molekul-molekul air, ikatan ini pecah kemudian terbentuk lagi terus menerus selama proses berlangsung. Intinya dari proses ini adalah prinsip “mudah melarut”. Tentu saja molekul gula cukup besar, satu sendok teh molekul gula sama dengan jumlah dari 1/25 molekul air di dalam cangkir. Jadi ada banyak molekul gula untuk setiap molekul air dalam larutan tersebut.

Kalo kita punya problem, sebutin mau problem apa aja boleh. Tapi gak larut-larut secara berlarut-larut. Mbulet terus., mungkin ada satu hal yang kurang

Setelah usaha keras udah dilaksanain maka kita masih butuh doa. Doa bukan hanya senjata, tapi juga tempat dialog, tempat berkeluh kesah pada Yang punya Hidup.

Kalo di kantor mumet, kerjaan numpuk, take a break. Minta bantuan, biar punya semangat baru, gairah baru untuk selesain kerjaan. Kalo orang yang kita sayangin susah di ajak komunikasi, mohon dong sama Yang di Atas, sayang sama dia gak cuma butuh ngomong, etc. Bantuin dia sama doa. Kita susah genggam hatinya, gak perlu mikir ke dukun segala, cukup minta sama Yang di Atas, Cuma Dia yang bisa membulak-balikkan hati, cuma Dia yang bisa menggenggam hati setiap orang. Soal hasil? Gak usah dipikirin, ikhlasin. Serahin semua sama Yang di Atas.

Nah, Kalo kemarin masih bolong-bolong sholatnya, cuma dua waktu yang dilaksanain, Sholat Jum’at sama Maghrib atau Dzuhur sama Ashar doang -itu juga biar keliatan orang kantor. Coba dong sekarang penuhin 5 waktu, soalnya emang cuma dalam waktu segitu itu yang menjamin kita bisa ngelarutin semua masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s