Bos Gua Punya Bapak


Kali ini Bos gw punya Bapak, alias Bos Besar punya acara. Hari Minggu, yang entah kapan waktunya, dia ngerayain ulang tahun di rumahnya yang gede di Kota. Halamannya luas, mungkin ada 2.000 meteran dan banyak pohon buah-buahan, terutama Pohon Mangga yang pendek-pendek tapi lebat buahnya. Kebetulan pestanya, pesta kebon. Jadi semua karyawannya pada dateng semua buat ngasih selamat buat dia, biar panjang umur dan murah rejeki.

Nah ada satu karyawati, sebut aja namanya Santi. Nah, Mbak Santi ini punya anak cewek namanya Tuti, umurnya baru 5 Tahun, cuma hiperaktif, tuh bocah gak kenal capek deh pokoknya. Karena kebanyakan minum, tuh pesta emang kebanyakan minum daripada makanannya -dasarnya Bos Besar emang medit, itu anak jadi kebelet pipis, langsung aja turunin celananya. Selesai pipis, ternyata dia lupa pake celananya, ibunya juga kagak engeh kali, terus minta dinaekin ke salah satu pohon Mangga yang pendek tapi lebat buahnya buat ngambil beberapa mangga.

Kebetulan, pas hari itu si Bos Besar -yang suka pamer, ngajak keliling koleganya. Nah, pas sampe di pohon yang lagi didudukin si Tuti, palanya dongak ke atas. Ngeliat itu anak gak pake celana, dia langsung manggil Mbak Santi, “Hei Santi sini kamu!”. “Ya pak, ada apa pak?”, tanya Mbak Santi kebingungan. “Ini 50.000, beli celana untuk anak kamu, malu saya. Masak anak karyawan saya gak punya celana?”, katanya sambil menunjuk si Tuti diatasnya. Maksud si Bos Besar sih buat nunjukkin ke koleganya kalo dia itu Bos yang murah hati, lagi juga CD anak-anak berapa sih? Dikasih 50.000 kan bisa beli 10. “Terima kasih pak, terima kasih”, kata mbak Santi sambil tersenyum malu. Abis itu si Bos ngeloyor bareng koleganya.

Selepas itu si Mbak Santi jadi mikir-mikir gak jelas gitu, dalem hatinya, “anak gw aja dikasih 50.000. Kalo gw berapa ya? Ah, coba aja deh sapa tahu dikasih sejuta”, pikirnya. Hari menjelang sore. Mbak Santi udah naek diatas cabang pohon Mangga dimana si Tuti tadi duduk, si Tuti sendiri lagi duduk di bawah pohon Mangga. Si Bos Besar keliling lagi tapi kali ini sendiri doang. “Ah, pas banget. Rejeki emang gak kemana”, kata Mbak Santi dalem hati. Pas si Bos dibawahnya, Mbak Santi manggil si Bos Besar, “Bos Mangganya besar-besar ya?”, Katanya. Sontak si Bos Besar ngedangakin kepalanya ke arah atas. “Astaga!”, “Asamalakata….”, katanya. “Hei Kamu anak kecil, sini kamu!”, katanya kepada Tuti yang lagi duduk di bawah. “Ini uang 2.500 kasih buat ibumu, beliin cukuran jenggot sana!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s