Tentang Fisika


Pernah liat dong, gimana caranya masukin telor (yang udah dikupas kulitnya) ke dalam botol? Dalam demonstrasi penerapan ilmu Fisika, barangkali percobaan inilah yang paling menarik, gimana barang dengan diameter segitu gede bisa masuk lewat mulut botol yang punya diameter lebih kecil daripada telor. Solusinya adalah dengan hati-hati kita taruh sedikit kertas yang dibakar ke dalam botol dengan arah bakar keatas, kemudian taro tuh telor di mulut botol. Langsung deh, gak berapa lama kalo urutan-urutan percobaan dilakukan dengan benar dan pas pada waktu yang tepat, telor akan masuk ke dalam botol. Nah, sekarang pertanyaannya kapan sih waktu yang tepat, terus gimana tuh telor bisa masuk ke dalam botol?

Hukum Newton kedua bisa menjelaskan hal diatas. Ketika telor ditaro diatas botol, udara di sekitar ruangan ditambah gaya gravitasi telor terhadap bumi secara bersamaan adalah merupakan jumlah keseluruhan daya tekan ke bawah terhadap telor yang jumlahnya sama dengan daya tekan ke atas oleh botol yang dihasilkan dari daya yang berhubungan dengan botol ditambah daya dari udara di dalam botol. Dalam Hukum Newton kedua, akselerasi atau kecepatan gerakan ke bawah dimulai saat benar-benar adanya daya tekan ke bawah bersih (net downward force). Supaya telor cepet turun ke bawah atau ke dalam botol maka lo harus bikin supaya daya tekan ke atas oleh udara di dalam botol jadi berkurang. Nah, hal itu jadi bikin total daya tekan ke atas itu jadi berkurang, maka dapet deh tuh daya tekan ke bawah bersih, yang akhirnya menghasilkan akselerasi gerakan ke bawah yang ditentukan oleh daya yang bener-bener bersih (net force) = massa waktu akselerasi. Sedangkan waktu yang tepat perlu diperhitiin sama lo, kapan waktunya? Tunggu sampe kertas yang kita bakar udah jatoh ke dasar botol dan berhenti kebakar, nah, setelah itu langsung lo taro secara hati-hati telor di atas mulut botol. Udara hangat di dalam botol akan segera mendingin begitu proses pembakaran berhenti. Telor menutup mulut botol sehingga tekanan udara di dalam botol menjadi berkurang selama proses pendinginan. Nah, dari situ jumlah keseluruhan daya tekan ke bawah menjadi lebih besar dari daya tekan ke atas yang ada di mulut botol, sehingga akhirnya daya tekan ke bawah bersih mempercepat telor masuk ke dalam botol. Proses ini berlangsung sampai akhirnya seluruh bagian telor masuk ke dalam botol. Blub!

Terus gimana caranya supaya bisa ngadepin cewek atau cowok tinggi hati? Gue rasa pake Hukum Newton kedua bisa tuh. Cuma sayangnya, agak susah karena syaratnya lo harus kupas dulu kulitnya dia (copot dulu topengnya). Kalo telor kan dikupas kulitnya diem aja, nah kalo orang apa bisa? Atau mau gak ya?

Ah, cupu kebanyakan teori kali ye?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s