Tau Gak Sih Lo?


Kita tahu di dunia ini ada 5 rasa dasar, 4 diantaranya sangat familiar, ada manis, asem, pahit sama asin. Nah, rasa yang ke lima cuma familiar di daerah asia timur atau malahan sampe asia tenggara, di barat sono sih emang kurang terkenal –di jepang disebut umami, kita bilangnya rasa gurih dan itulah rasa dari monosodium glutamat, MSG atau nama keren disininya Vetsin atau Mecin. Penggunaan MSG ini dikenal luas pada masakan timur atau Asia timur dan tenggara pada umumnya, itu makanya rasa gurih ini dikenal sebagai sebuah rasa yang terpisah dari rasa lainnya oleh para penikmat makanan timur atau Asia timur dan tenggara.

Biar begitu, sebetulnya banyak makanan barat juga mengandung MSG dalam jumlah yang besar, seperti pada tomat dan keju parmesan.

Nah, kalo nyokap lo atau lo gak suka sama vetsin atau mecin karena takut sama efek sampingnya, tapi pengen rasa makanan jadi gurih, campur aja ama tomat atau keju parmesan. Misalnya, lo pengen makan ketoprak yang rasanya gurih, campur dah tomat ama keju parmesan. Atau Cumi Goreng Tepung, campurin deh tuh bedua. Atau pengen nyobain Sop Ikan yang gurih gitu, tambahin dah tuh. Rasanya gurih gak? Tau… dah! Kan lo yang pengen…

Satu pemikiran pada “Tau Gak Sih Lo?

  1. Yeeee… Ga bs gitu masss.. Huarus ada bukti hitam di atas putih dhuongg.. Besok bikinin yak? Ntar aku rasain.. Hahahahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s