Es Krim Maknyus…


ice cream

Kita, suatu kali pasti pernah membuat atau melihat cara pembuatan es krim. Kita juga tahu adonan susu, telur, gula dan cita rasa buah (flavour) begitu lama membeku. Ada cara membuat es krim dengan langkah yang lebih mudah dan efisien. Dengan menerapkan prosedur keamanan yang tepat, kita dapat menuangkan nitrogen cair ke dalam adonan es krim pada sebuah baskom yang terbuat dari baja anti karat. Banyaknya nitrogen cair yang dituangkan kira-kira sama dengan banyaknya adonan es krim, kemudian mulai aduk adonan sambil menambahkan cairan pendingin itu sampai es krim benar-benar membeku. Mengapa metode ini dapat menghasilkan es krim yang begitu maknyus, dan proses fisika apa yang berlangsung disini?

Es krim yang baik selalu mengandung banyak gelembung udara (seperti busa) dengan sedikit kristal es didalamnya, untuk menjaga es krim tetap ringan, sehingga teksturnya tetap lembut. Ada beberapa aplikasi sederhana yang bagus untuk membuat es krim. Bebapa pembuat es krim masih menggunakan tenaga manusia untuk mengaduk adonan es krim agar tekstur es krim tetap baik, namun dewasa ini lebih banyak lagi yang telah beralih ke mesin. Dengan menambahkan nitrogen cair dengan jumlah yang banyak pada suhu -197°C, kira-kira sama banyaknya dengan adonan es krim itu sendiri, proses pembekuan es krim berlangsung lebih cepat sehingga kristal es yang terbentuk hanya sedikit saja -kristal es membuat es krim menjadi terasa keras bila digigit. Selama nitrogen diaduk dengan cepat, maka mulai banyak terbentuk gelembung gas dalam adonan. Semua inilah yang membuat es krim jadi terasa maknyus!

Kalo ngobrol sampe berbusa-busa udah, telepon sampe pala puyeng, kuping pengeng n’ pipi panas udah, jalan-jalan udah, nonton bareng udah, kondangan bareng udah, chattingan udah, sebutin apalagi deh yang bisa bareng-bareng.

Terus apa lagi? Koq tetep ga’ konek-konek? Lama… banget kayaknya.

Kurang kali, “L word”-nya mungkin takarannya beda, wadahnya juga mungkin gak tepat. Kan harus sebanding adonannya dan pas wadahnya. Kalo gak sama dengan buku petunjuk, ya jadinya es dung-dung –yang pake gong kecil itu lho. Enak juga sih, cuman bikin batuk-batuk. Emang enak… batuk-batuk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s